KLIPING KORAN NASIONAL

Selalu Ada Yang Baru

Venezuela Usir Dubes Israel 07/01/2009 10:09 wib

Posted by Administrator pada Januari 7, 2009

Venezuela Usir Dubes Israel (Suara Merdeka)
Caracas, CyberNews. Venezuela memerintahkan pengusiran duta besar Israel untuk negara itu, Selasa waktu setempat atau Rabu (7/1) WIB, sebagai bentuk protes atas berlanjutnya operasi militer Israel di Jalur Gaza.

“Di masa yang tragis dan kurang ajar ini, rakyat Venezuela menunjukkan solidaritasnya yang tak bertepi pada rakyat Palestina dan mengulurkan tangannya dengan menyatakan bahwa pemerintah Venezuela tidak akan berhenti (menolong) sampai melihat hukuman berat ditimpakan pada mereka yang bertanggungjawab atas kejahatan-kejahatan mengerikan itu,” demikian pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri Venezuela.

Venezuela menggambarkan ofensif Israel itu sebagai terorisme negara dan pelanggaran terang-terangan terhadap hukum internasional, kemudian memerintahkan Duta Besar Israel Shlomo Cohen dan semua staf diplomtik Israel yang tersisa angkat kaki dari negara Amerika Selatan itu.

Caracas mengambil langkah serupa dua tahun lalu sebagai wujud protes mereka atas operasi militer Israel ke Lebanon yang membidik Hizbullah. Selasa pagi, Presiden Venezuela Hugo Chavez menyebut tentara Israel “pengecut” karena melakukan ofensif ke Jalur Gaza dan menyatakan rakyat Israel mestinya memprotes operasi militer yang telah menewaskan 580 orang itu.

“Pengecut sekali tentara Israel itu. Mereka menyerang rakyat yang kehausan, tertidur lelap, tak berdosa dan mereka sebut aksi itu demi membela rakyatnya. Saya imbau rakyat Israel untuk bangkit menentang pemerintah mereka,” kata Chavez kepada para wartawan.

Dia menyebut Presiden Israel Shimon Peres dan Presiden AS George W. Bush harus diajukan ke Mahkamakah Internasional karena melakukan genosida (pembasmian etnis). Selama kunjungannya ke sebuah rumah sakit khusus anak di Caracas, Chavez menilai masyarakat internasional mesti berupaya menghentikan kegilaan di Gaza seraya menandaskan pemerintahnya sedang mengupayakan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Palestina.

Chavez berharap, karena pemerintahannya menghormati kehidupan orang Israel di Venezuela, maka masyarakat keturunan Yahudi di Venezuela juga mesti berbicara lantang menentang tindakan barbar Israel.

“Mereka menuduh (Presiden Iran) Mahmoud Ahmadinejad bertangungjawab atas genosida tapi mereka tak mampu membuktikan tuduhan itu karena dia tidak pernah menginvasi siapapun. Venezuela juga tidak menginvasi orang lain.  Mereka menuduh (pemimpin Kuba) Fidel Castro seorang tiran dan pembunuh,” kata Chavez menyebut beberapa sekutunya. Tetapi, Chavez heran tidak pernah ada tuduhan serupa kepada Presiden Israel Shimon Peres. “Sinis sekali dunia ini ya,” sambungnya. 

(Ant /CN05)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: