KLIPING KORAN NASIONAL

Selalu Ada Yang Baru

Anti-Semit Merebak di Eropa

Posted by Administrator pada Januari 8, 2009

Jawapos, Kamis, 8-1-2009

LONDON – Warga Yahudi diaspora di Eropa harus ikut menanggung dampak keputusan negeri leluhur mereka yang melakukan pembantaian di Jalur Gaza. Mereka menjadi sasaran kemarahan banyak pihak. Anti-semit yang luntur pasca Holocaust 1933-1945 perlahan bangkit kembali.

Di Prancis, misalnya, seorang pria tak dikenal menabrakkan mobil ke pintu sinagog (tempat peribadatan Yahudi) di Kota Toulouse Senin lalu (5/1). Tak hanya menghantamkan moncong mobil, pria itu juga membakar dan melemparkan bom. Beruntung, tak ada korban meninggal atau luka-luka.

Dua hari sebelumnya, ratusan demonstran pro-Palestina juga mengamuk di jalanan Paris. Mereka membakar sejumlah mobil dan menghancurkan sebuah toko perhiasan. Masih di Prancis, sejak pergantian tahun, setidaknya terjadi dua serangan terhadap pelajar Yahudi. Satu terjadi di sebuah apartemen Yahudi di Bordeaux, lainnya di sinagog dekat Kota Toulan.

“Kami minta otoritas publik segera menyelidiki tanda-tanda gelombang anti-semit baru yang mengancam di depan pintu rumah kami,” kata pengurus komunitas Yahudi di Prancis, seperti dilansir Daily Telegraph.

Kejadian serupa terjadi di wilayah lain di Eropa, yakni Belgia dan Inggris. Di Belgia, sebuah bom molotov meledak di sinagog di Kota Brussel Senin lalu. Tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Ancaman pembunuhan juga berkali-kali datang ke sebuah majalah Yahudi, Joods Actueel. Bahkan, seorang pria tak dikenal mengancam bakal meledakkan bom bunuh diri di kantor tersebut sebagai pengganti nyawa warga Palestina yang ditebas senjata Israel.

Di Inggris, ancaman terhadap komunitas Yahudi juga marak. Community Security Trust (CST), lembaga keamanan orang-orang Yahudi di Inggris, mengatakan, sejak 29 Desember 2008, terjadi setidaknya 24 insiden yang mengancam kaum Yahudi. Sebuah sinagog di Brondesbury, tenggara London, juga compang-camping diserang orang tak dikenal.

Di Golders Green lain lagi ceritanya. Seorang pria Yahudi dipaksa turun dari mobil, lalu dipukuli tiga orang. Beruntung, tak ada luka serius pada orang tersebut. Pada saat yang sama, sekelompok pemuda berusaha masuk ke toko-toko Yahudi, lalu menghina, “Dasar Yahudi!”. Di Manchester, kelompok yang menamakan diri “Hamas HQ” mencoret dinding bangunan Yahudi dengan grafiti mengolok.

Untuk melindungi kaum Yahudi dari serangan massa, pemerintah lokal Northumbria, Inggris, sampai harus mengerahkan satuan keamanan untuk berjaga-jaga di sekitar 5.000 rumah kaum Yahudi ortodoks.

“Insiden anti-semit cenderung naik dibandingkan tindakan rasis atau serangan anti-Yahudi dalam beberapa tahun belakangan,” kata Mark Gardner, juru bicara CST.

Sementara itu, pemerintah Venezuela melakukan tindakan nyata sebagai bentuk protes terhadap aksi brutal Israel di Jalur Gaza. Negeri yang dipimpin presiden beraliran kiri Hugo Chavez tersebut mengusir duta besar Israel dari Caracas.

“Rakyat Venezuela menunjukkan solidaritas pada perjuangan heroik rakyat Palestina. Kami ikut merasa berduka. Pemerintah Venezuela tak akan istirahat hingga pelaku kriminal ini dihukum,” kata menteri luar negeri Venezuela, seperti dilansir CNN.

Dalam sebuah wawancara dengan televisi nasional Venezuela, Hugo Chavez juga tak sanggup menutupi kegeramannya. ”Dasar (Israel) pengecut,” tegasnya.

Rival abadi Presiden Amerika Serikat George W. Bush itu juga menantang militer Israel untuk bertarung tinju dengannya. ”Ayo sini kalau berani,” tuturnya. (ape/ttg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: