KLIPING KORAN NASIONAL

Selalu Ada Yang Baru

Barat dan Arab Capai Kesepakatan Rancangan Resolusi Gencatan di Gaza

Posted by Administrator pada Januari 9, 2009

By Republika Newsroom
Jumat, 09 Januari 2009 pukul 07:57:00

NEW YORK–Negara-negara besar Barat dan Arab telah mencapai kesepakatan, Kamis, mengenai rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB yang akan minta gencatan senjata segera di Jalur Gaza, beberapa diplomat Arab dan Barat mengatakan.

“Pada prinspnya, ada perjanjian,” utusan Liga Arab di PBB Yahya Mahmassani mengatakan kepada wartawan setelah satu hari perundingan. Wakil Palestina Riyad Mansour mengatakan, “Ya, kami telah mencapai kesepakatan”. Beberapa diplomat Barat memastikan perjanjian mengenai naskah resolusi tersebut.

Dewan Keamanan telah mengadakan konsultasi tertutup mengenai Jalur Gaza, Kamis, menjelang malam, tapi tidak jelas apakah akan ada pemungutan suara segera.

Sesjen Liga Arab Amr Moussa mengatakan sedianya dewan akan mengadakan pemungutan Kamis, tapi para diplomat Barat, yang meminta tidak disebutkan nama mereka, mengatakan pemungutan suara akan ditangguhkan hingga Jumat.

Seorang diplomat Eropa mengatakan, Prancis, yang memegang jabatan presiden dewan, telah berjanji kepada Israel, tidak akan ada pemungutan suara hingga Jumat. Menlu Prancis Bernard Kouchner menolak berkomentar kepada wartawan mengenai masalah itu.

Resolusi itu “menekankan keadaan mendesak dan permintaan akan gencatan senjata segera yang dapat tahan lama dan dihormati sepenuhnya, yang akan menghasilkan penarikan penuh pasukan Israel dari Jalur Gaza”, menurut salinan naskah tersebut.

Israel menyerang Jalur Gaza pada 27 Desember dalam upaya untuk menghentikan serangan roket oleh gerilyawan Palestina terhadap Israel selatan.

Negara-negara Arab, banyak yang menghadapi sentimen anti-Israel di dalam negeri, bersikeras Dewan Kemanan PBB –yang memiliki 15 anggota– harus mengeluarkan resolusi yang mengikat yang akan memaksa Israel mengakhiri serangan militer di Jalur Gaza dengan segera.

Lebih dari 750 warga Palestina dan 11 warga Israel telah tewas dalam serangan 13 hari yang ditujukan untuk menghentikan serangan roket dari pejuang HAMAS di Israel selatan itu.

Israel menentang gagasan resolusi PBB yang mengikat itu.

Kekerasan terus terjadi

AS mendukung sekutunya, Israel, tapi beberapa diplomat mengatakan negara itu telah melepaskan keberatannya dan setuju untuk mendukung sebuah naskah dengan kata-kata yang lebih hati-hati.

Menlu AS Condoleezza Rice, Menlu Inggris David Miliband dan Kochner berunding cukup lama Rabu dan Kamis dengan para diplomat Arab di PBB mengenai naskah kompromi.

Ketika mereka melakukan itu, kekerasan terus terjadi di Jalur Gaza. Israel terus melancarkan serangannya, sementara badan bantuan PBB mengatakan mereka telah menangguhkan operasinya di Jalur Gaza dan satu tembakan roket dari Lebanon melukai ringan dua orang di Israel utara.

Libya, satu-satunya negara Arab di dewan, sebelumnya telah menyampaikan kepada negara-negara Barat versi resolusi yang telah direvisi yang negara itu rancang awal pekan ini.

Hingga Kamis, negara-negara Barat telah mendesak dikeluarkannya pernyataan presiden yang tidak mengikat oleh Dewan Keamanan. Namun para menteri Arab menolaknya sebagai tidak mencukupi, dan mendesak delegasi Inggris, AS dan Prancis untuk menerima kata-kata yang mungkin tidak menyenangkan bagi Israel.

Namun seorang diplomat Barat mengatakan harus ada sesuatu bagi Israel dan Palestina dalam resolusi itu.

“Anda perlu memberi Israel sesuatu yang menanggapi kekhawatiran keamanan sah mereka mengenai penyelundupan, dan unsur keseimbangan dari itu untuk Palestina adalah untuk menemukan cara berkelanjutan untuk membuka perlintasan” ke Jalur Gaza. ant/fif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: