KLIPING KORAN NASIONAL

Selalu Ada Yang Baru

Eropa Tekan Hamas untuk Jamin Israel

Posted by Administrator pada Januari 9, 2009

By Republika Newsroom
Jumat, 09 Januari 2009 pukul 05:02:00

PARIS — Dua negara Eropa, Perancis dan Jerman menekan Hamas terlebih dahulu untuk memberikan jaminan pada Israel. “Israel harus mendapat jaminan bahwa penyelundupan senjata ke Jalur Gaza berhenti agar negara Yahudi itu mengakhiri ofensifnya”, kata Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel, Kamis.

“Senjata tidak boleh berbicara, eskalasi serangan harus berhenti, Israel harus memperoleh jaminan keamanan dan meninggalkan Gaza secepat mungkin. Kami siap melakukan prakarsa bersama untuk membantu menciptakan perdamaian di Timur Tengah,” kata Sarkozy.

“Saya ingin menyatakan lagi sikap saya, juga sikap Angela Merkel, bahwa Israel harus diberi jaminan bahwa senjata tidak melintasi perbatasan. Sejak saat itu, militer Israel harus meninggalkan Gaza,” katanya.

Merkel sependapat dan mengatakan, “Waktu telah habis. Intinya adalah jaminan bagi keamanan Israel. Penyelundupan senjata harus berhenti.”

Perancis telah mengusulkan menghidupkan lagi misi pengamat Uni Eropa untuk membantu Mesir mencegah para penyelundup mengirim roket dan peledak kepada gerilyawan Palestina di Jalur Gaza. – ant/ah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: