KLIPING KORAN NASIONAL

Selalu Ada Yang Baru

Senat AS Sahkan Resolusi Dukung Israel

Posted by Administrator pada Januari 9, 2009

By Republika Newsroom
Jumat, 09 Januari 2009 pukul 08:35:00

WASHINGTON – Senat AS, Kamis (9/01), menyampaikan dukungannya bagi perang Israel melawan HAMAS di Jalur Gaza dan mendesak dilanjutkannya gencatan senjata di daerah yang dicabik perang itu.

Senat AS mensahkan resolusi tidak mengikat dengan menyampaiakn suara sebagai awal persatuan anggota parlemen dari partai Republik dan Demokrat

“Ketika kami mengesahkan resolusi ini, Senat Amerika Serikat akan memperkuat ikatan bersejarah kami dengan negara Yahudi, dengan menegaskan kembali hak Israel yang tidak dapat dicabut guna membela serangan dari Jalur Gaza, serta dukungan kami bagi proses perdamaian Palestina-Israel,” kata pemimpin Mayoritas Anggota Senat Harry Reid, dari Demokrat.

Pemimpin kelompok Minoritas di Senat Mitch MicConnell, penanda tangan bersama resolusi itu dari partai Republik, juga mengatakan sebelum pemungutan suara bahwa Israel menanggapi tindakan HAMAS “persis sama dengan cara yang akan kami lakukan”.

Senat menyeru Presiden George W. Bush agar “bekerja secara aktif guna mendukung gencatan senjata yang bertahan lama, kokoh dan berkesinambungan di Jalur Gaza sesegera mungkin, yang mencegah HAMAS memperoleh atau membangun kembali kekuatan untuk menembakkan roket dan mortir ke Israel”. Konggres AS diduga akan mengesahkan resolusi serupa.

Data statistik resmi memperlihatkan sedikitnya 763 orang Palestina telah meninggal dan lebih dari 3.200 orang lagi cedera dalam serangan militer Israel terhadap “sasaran HAMAS” di Jalur Gaza sejak 27 Desember 2008. Sebaliknya, sebanyak 11 orang Israel telah tewas dalama pertempuran tersebut, delapan di antara mereka tentara, termasuk empat orang yang “terkena tembakan sahabat”.

Di markas PBB, New York, negara besar Barat dan Arab telah mencapai kesepakatan, Kamis, mengenai rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB yang akan minta gencatan senjata segera di Jalur Gaza, beberapa diplomat Arab dan Barat mengatakan.

Dewan Keamanan telah mengadakan konsultasi tertutup mengenai Jalur Gaza, Kamis malam, tapi tidak jelas apakah akan ada pemungutan suara segera./ant/xinhua-oana/it

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: