KLIPING KORAN NASIONAL

Selalu Ada Yang Baru

Indonesia Harus Siap Perang

Posted by Administrator pada Februari 27, 2009

[Jawa Pos,  Jum’at, 27 Februari 2009 ]

JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan, Indonesia harus terus membangun kekuatan pertahanan yang tangguh. Dengan pertahanan tangguh, Indonesia memiliki kesiapan berperang melawan musuh.

Perang, kata SBY, memang menjadi jalan terakhir. Indonesia, lanjut SBY, akan selalu mengedepankan soft power. Tetapi, kekuatan pertahanan harus terus ditingkatkan.

”Kalau ingin damai, harus siap berperang manakala ada kekuatan lain yang mengancam kedaulatan dan keutuhan negara kita. If we want peace, prepare for war,” kata SBY saat meresmikan monumen Dwikora dan Trikora di Mabes TNI di Cilangkap kemarin (26/2).

Prajurit TNI, tambah dia, harus bersiap ditugaskan di medan pertempuran mempertahankan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI. Ketika bertempur dalam medan laga, prajurit TNI harus berpikir menjalankan tugas negara. Tidak peduli apa pun sebab dan latar belakang politik dilaksanakannya operasi militer.

Mengenai berdirinya monumen Dwikora dan Trikora, SBY berharap masyarakat dapat lebih mengenang jasa dan pengorbanan pahlawan yang gugur di pertempuran. ”Ini karakter bangsa kita yang menghormati jasa pahlawan,” katanya.

Monumen Trikora dan Dwikora yang terletak di sebelah utara Monumen Seroja yang sudah berdiri lebih awal. Kedua monumen tersebut berdiri di atas lahan seluas 6.900 meter persegi. Monumen Trikora dibangun untuk mengenang dan menghormati usaha perjuangan bersenjata, politik, dan diplomasi Indonesia untuk mengembalikan Irian Barat (kini Papua) ke pangkuan Republik Indonesia pada 1961 dan 1962.

Sedangkan Monumen Dwikora dibangun untuk memperingati sikap tegas Indonesia dalam menolak pembentukan Federasi Malaysia.(tom/oki)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: