KLIPING KORAN NASIONAL

Selalu Ada Yang Baru

Langkah Real Madrid Semakin Berat

Posted by Administrator pada Februari 27, 2009

[ Jawapos,Jum’at, 27 Februari 2009 ]
0 Real Madrid v Liverpool 1

MADRID – Rekor sembilan kali juara menjadikan Real Madrid sebagai klub paling sukses dalam sejarah Liga Champions. Namun, dalam beberapa musim terakhir, kinerja Real menurun. Alih-alih juara, sejak musim 2004, klub raksasa Spanyol itu tak mampu menembus perempat final Liga Champions.

Musim ini, bayang-bayang rekor buruk itu kembali datang. Penyebabnya adalah kekalahan 0-1 saat menjamu Liverpool di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, kemarin dini hari. Gol lewat sundulan Yossi Benayoun pada menit ke-82 menjadi penentu kemenangan Liverpool.

Hasil itu membuat langkah Real semakin berat. Mereka wajib menang dengan skor minimal dua gol saat bertandang ke markas Liverpool pada 10 Maret nanti. Di sisi lain, Liverpool hanya butuh hasil imbang untuk mengamankan tiket ke delapan besar.

”Kami dalam posisi sulit. Sebab, kami harus menang. Padahal, Liverpool adalah tim yang sangat kuat dalam bertahan. Akan sangat sulit membalikkan keadaan di laga kedua. Tapi, kami akan mencoba,” ujar gelandang serang Real Arjen Robben seperti dilansir situs klub.

Ya, perjuangan Real memang tidak akan mudah. Liverpool bukan tim yang gampang kalah di kandang. Musim ini, tim berjuluk The Reds itu punya rekor laga home yang bagus. Mereka tak terkalahkan dalam 13 laga Premier League di kandang sendiri, Stadion Anfield.

Meski sulit, Robben belum menyerah. Mantan pemain Chelsea itu optimistis masih ada peluang bagi Real untuk menaklukkan Liverpool di Anfield. ”Kami harus bermain cepat. Liverpool pasti akan lebih tangguh jika main di kandang dan sangat sulit mengalahkan mereka. Tapi, saya yakin kami bisa meraih sesuatu yang penting,” tutur pemain asal Belanda itu.

Optimisme juga masih membara di benak Juande Ramos, pelatih Real. ”Kami akan tampil habis-habisan di Anfield. Ini memang hasil buruk, tapi kami percaya bisa menang di sana (Anfield),” katanya.

Bagi Ramos, ini adalah kekalahan keduanya sejak menggantikan Bernd Schuster sebagai arsitek Real pada 9 Desember lalu. Kekalahan pertama terjadi ketika Real menyerah 0-2 kepada Barcelona di ajang Liga Primera pada 12 Desember lalu. Setelah itu, Los Merengues – julukan Real Madrid – menang terus dalam sembilan laga di Liga Primera.

”Masih ada 90 menit lagi. Jika kami bermain baik, kami bisa menang di Anfield. Kami bisa menang dimanapun,” tutur Ramos.

Di sisi lain, arsitek Liverpool Rafael Benitez memuji penampilan pemainnya yang tak kenal lelah. Hal itu adalah kunci kemenangan di Santiago Bernabeu kemarin. ”Kami tahu laga ini akan sangat sulit. Kami harus bekerja ekstra keras,” ujarnya. ”Kemenangan ini memang penting. Tapi, ini baru satu pertandingan,” sambung Benitez. (ali/ca)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: