KLIPING KORAN NASIONAL

Selalu Ada Yang Baru

Obama Perangi Teroris dengan Dana Rp 2.400 T

Posted by Administrator pada Februari 27, 2009

Jawa Pos [ Jum’at, 27 Februari 2009 ]

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat Barack Obama membutuhkan dana melimpah guna membiayai obsesinya melanjutkan kebijakan perang melawan teror warisan presiden terdahulu George W. Bush. Nilainya lebih dari USD 200 miliar (sekitar Rp 2.400 triliun) untuk jangka waktu satu setengah tahun ke depan. Obama harus kembali memohon kepada kongres agar dikabulkan.


Menurut sumber Gedung Putih, dana sebesar itu akan dibagi untuk dua kepentingan. Sekitar USD 75,5 miliar digunakan untuk membiayai pengiriman pasukan ke Afghanistan tahun ini. Sisanya, USD 130 miliar (sekitar Rp 1.560 triliun) untuk dana cadangan 2009.

Obama, rencananya, menyampaikan anggaran perang dan departemen pertahanan untuk 2010 itu di hadapan kongres hari ini WIB. Menurut sumber yang sama, dana yang diajukan Obama itu tidak termasuk total anggaran Pentagon USD 534 miliar (sekitar Rp 6.408 triliun).

Seorang analis anggaran pertahanan Stephen Daggett dari Congressional Research Service mengatakan, kebijakan pertahanan Obama tak ada bedanya dengan Bush. Pemerintahan Bush menggunakan banyak dana pertahanan untuk membiayai perang.

”Rencana pemerintahan Obama untuk fiskal 2010, tampaknya, tak berubah (dari Bush). Setidaknya yang terlihat untuk tahun depan,” katanya.

”Jumlahnya lebih banyak, itu menandakan prioritas penggunaan anggaran lebih untuk mendanai perang yang berkelanjutan,” sambungnya.

Menteri Pertahanan Robert Gates pada Desember lalu mengatakan, departemen yang dipimpinnya membutuhkan anggaran sekitar USD 69,7 miliar lagi tahun ini. Jumlah itu belum termasuk hitung-hitungan dana pengiriman sekitar 17 ribu pasukan ke Afghanistan dan lebih dari 30 ribu personel lain yang lebih dahulu berada di sana.

Pada 3 Febuari lalu, Gates merevisi permintaannya. Jumlah yang dibutuhkan ternyata USD 83 miliar, itu juga belum termasuk anggaran pengiriman pasukan. Obama baru mengumumkan rencana pengiriman pasukan dua minggu kemudian.

Kongres AS sudah menyetujui pencairan USD 65,9 miliar untuk dana darurat masa perang untuk fiskal 2009. Pentagon enggan membeber secara rinci penggunaan anggaran hingga pertengahan April mendatang. Yang jelas, Pentagon berencana meremajakan peralatan militer dan sistem persenjataan. Salah satu di antaranya rencana membeli pesawat tempur canggih.

”Keputusan tentang berapa dan bagaimana tentang rencana penambahan pesawat akan terlampir dalam anggaran fiskal 2010,” kata Geoff Morrell, juru bicara Pentagon. (ape/ami)

Satu Tanggapan to “Obama Perangi Teroris dengan Dana Rp 2.400 T”

  1. s said

    Menurut gue, Obama kurang tegas soal masalah Israel dan Palestina. Emang sih, Israel sangat menekan Amerika agar menutup mata soal Human-Rights Violations di sana, namun Obama kan berjanji akan membawa Change? Harusnya dia nggak takut mengenai konsekuensi mencoba mengubah dunia, dong!
    Gue waktu itu sempet liat ada political fashion company, namanya shirTalks, yang dengan kerennya menyindir masalah ini. Ada desainnya, Obama tampangnya bego dan bingung banget. Konyol, tapi bermakna! Ada di blog gue:

    http://shirtalks.wordpress.com/2009/02/20/amerika-pilih-obama-tapi-siapa-yang-akan-obama-pilih/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: