KLIPING KORAN NASIONAL

Selalu Ada Yang Baru

Perekonomian Indonesia Bisa Tumbuh 4,8 Persen

Posted by Administrator pada Februari 27, 2009

Jawapos, Jum’at, 27 Pebruari 2009

JAKARTA – Pelemahan ekonomi global akan makin terasa pada 2009. Indonesia pun bakal terimbas. Meski demikian, perekonomian diproyeksi tetap bisa tumbuh 4,8 persen.

Chief Economist Bank Mandiri Group Mirza Adityaswara mengatakan, resesi ekonomi akan makin menghebat tahun ini. ”Semua negara akan terkena. Tapi perlambatan ekonomi Indonesia tidak akan seburuk negara lain,” ujarnya dalam acara Musyawarah Anggota Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) di Jakarta kemarin (26/2).

Menurut Mirza, tingkat survive Indonesia masih cukup tinggi karena eksposur atau proporsi nilai ekspor yang hanya 30 persen dari total produk domestik bruto (PDB). Dalam kondisi krisis global, rendahnya kontribusi ekspor justru menjadi keuntungan. Sebab imbas pelemahan kinerja ekspor tidak akan terlalu besar.

”Karena itu, ekonomi diproyeksi masih bisa tumbuh 4,8 persen atau paling tidak antara range 4,0 hingga 5,0 persen,” katanya.

Di kawasan Asia, pertumbuhan ekonomi Indonesia 2009 diproyeksi termasuk yang tertinggi. Bahkan, pada 2010, recovery perekonomian diperkirakan cukup mulus, sehingga tingkat pertumbuhan ekonomi akan meningkat ke level 5,6 persen.

Meski demikian, kata Mirza, para pelaku usaha harus mencermati pelemahan kinerja ekonomi di berbagai sektor yang mulai tampak di akhir 2009. ”Artinya, meski proyeksi pertumbuhan ekonomi cukup bagus, tapi dunia usaha tetap menghadapi tantangan berat,” terangnya.

Dalam paparannya, Mirza menunjukkan penurunan ekspor dan impor yang terus menurun sejak bulan Agustus. ”Ini merupakan sinyal perlambatan ekonomi internasional dan domestik,” ujarnya.

Untuk kinerja ekspor, kata Mirza, penurunan terjadi sejak Agustus. Pada Juli, ekspor masih mencapai USD 12,55 miliar, namun pada Agustus sudah turun menjadi 12,49 miliar, selanjutnya pada September turun menjadi USD 12,23 miliar, Oktober turun menjadi USD 10,81 miliar, November turun menjadi USD 9,61 miliar, dan Desember turun menjadi USD 8,69 miliar. (owi/fan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: