KLIPING KORAN NASIONAL

Selalu Ada Yang Baru

Sinyal Rekonsiliasi Hamas-Fatah

Posted by Administrator pada Februari 27, 2009

[ Jawa Pos, Jum’at, 27 Februari 2009 ]

KAIRO – Perseteruan dua faksi terbesar Palestina, Hamas dan Fatah, tampaknya, mulai mencair. Bukan tak mungkin, Palestina bersatu sebentar lagi akan terjadi. Tengara itu memancar dari meja perundingan yang dimediasi Mesir di Kairo kemarin (26/2). Langkah pertama, kedua pihak sepakat saling tukar tahanan, selanjutnya tidak akan saling perang kata-kata di media.

”Mudah-mudahan pertemuan ini benar-benar menjadi awal periode baru yang mengakhiri perpecahan negara,” kata kepala intelijen Mesir Omar Suleiman, mediator perundingan antara Hamas dan Fatah, serta faksi-faksi lain Palestina seperti dilansir BBC.

Kesepakatan itu sangat berarti untuk kemaslahatan jangka panjang Palestina. Kepentingan jangka pendeknya, akan memudahkan upaya rekonstruksi Gaza yang hancur lebur dihantam operasi militer 22 hari Israel sejak akhir Desember lalu hingga menjelang Presiden Amerika Serikat Barack Obama dilantik 20 Januari. Itu akan memuluskan bantuan luar negeri dari Barat dan negara-negara lain yang selama ini menolak bantuan Gaza dikelola Hamas. Selain itu, Palestina secara utuh dapat lebih leluasa membaur dalam komunitas internasional.

Dialog rekonsiliasi itu pernah ditawarkan Mesir pada November lalu. Namun, Hamas yang awalnya setuju kemudian menarik diri dengan dalih Fatah masih menangkapi pejuang Hamas di Tepi Barat. Setelah Gaza hancur diserang Israel bulan lalu, barulah jalan rekonsiliasi itu terbuka kembali.

”Beberapa tahanan akan dibebaskan begitu dialog ini mulai berjalan,” ujar pernyataan bersama Azzam al-Ahmed, pemimpin blok Fatah di parlemen dan Mahmoud Zahar, pejabat senior Hamas. (ape/ami)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: