KLIPING KORAN NASIONAL

Selalu Ada Yang Baru

Caleg ”Peras” Pejabat untuk Dana Kampanye

Posted by Administrator pada Maret 21, 2009

[ JawaPos, Sabtu, 21 Maret 2009 ]

MOJOKERTO – Kabar miring menerpa anggota DPRD Kabupaten Mojokerto yang kembali nyaleg. Beberapa anggota dewan dikabarkan mendatangi satuan kerja dan pejabat di lingkup Pemkab Mojokerto guna meminta dana kampanye. Bahkan, minimal Rp 5 juta. Baik diberikan langsung maupun melalui orang suruhan.

Kabar itu diungkapkan Ketua Fraksi Partai Demokrat R.M. Boedhi yang juga ketua DPC PD Kabupaten Mojokerto. ”Saat ini mulai banyak caleg incumbent yang gentayangan ke pejabat daerah. Ya, ujung-ujungnya mereka meminta uang,” ujarnya kemarin.

Menurut dia, praktik ”memeras” pejabat oleh caleg incumbent tersebut sudah berlangsung lama. Tepatnya setelah sejumlah anggota legislatif di tetapkan sebagai daftar calon tetap (DCT) September 2008 oleh KPU kabupaten.

Modus yang dilakukan, lanjut Boedhi, oknum incumbent berpura-pura bersilaturahmi kepada pejabat tertentu dengan cara door to door.

Meski berdalih membicarakan topik tertentu, mereka mendapat sejumlah uang. ”Setahu saya, tidak ada kontrak politik terrtentu. Tapi, terkadang kalau ada kepentingan salah satu pejabat, kontrak politik bisa saja terjadi di antara mereka,” jelasnya.

Selain bertamu, beberapa caleg memanfaatkan kelemahan pelayanan masyarakat oleh satuan kerja (satker) untuk menekan pimpinan satker dengan imbalan tertentu. ”Kalau tidak diberi, biasanya mereka diancam akan dipublikasikan kepada masyarakat,” jelas Boedhi. (ris/jpnn/bh)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: