KLIPING KORAN NASIONAL

Selalu Ada Yang Baru

Proyek Jalan Tol Surabaya – Mojokerto Dimulai Lagi

Posted by Administrator pada Maret 31, 2009

[ Jawa Pos, Selasa, 31 Maret 2009 ]
Proyek Jalan Tol Surabaya – Mojokerto Dimulai Lagi
SURABAYA – Setelah macet cukup lama, proyek tol Surabaya-Mojokerto dimulai kembali. PT Marga Nujya Sumo Agung, operator proyek tersebut, akan memulai lagi pembangunannya awal bulan depan. Dengan investasi Rp 2,9 triliun, proyek tol sepanjang 36,27 km tersebut ditargetkan tuntas pada 2010.

Menurut Djajat Sudradjat, dirut PT Marga Nujya Sumo Agung, proyek tol itu dimulai lagi setelah dilakukan restrukturisasi pemegang saham. Berdasar rencana, para pemegang saham akan menyumbang 30 persen dari total investasi. ”Sedangkan 70 persen (sekitar Rp 2,4 triliun) dari kredit sindikasi Bank BNI, Bukopin, dan Bank Jatim,” ujarnya saat acara syukuran percepatan pembangunan tol Surabaya-Mojokerto kemarin (30/3).

Kali ini, PT Jasa Marga Tbk memegang saham terbesar (55 persen) atau senilai Rp 250,5 miliar. Lalu, PT Moeladi 25 persen (setoran Rp 125 miliar), dan PT Wijaya Karya 20 persen atau Rp 124,5 miliar. Dia tak menejlaskan komposisi kepemilikan saham sebelumnya.

Menurut dia, Rp 2,5 triliun dananya dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur tol. Sedangkan Rp 400 miliar akan digunakan untuk pembebasan lahan. Seksi 1A Waru-Sepanjang ditargetkan selesai akhir tahun ini. ”Saat ini masih proses pembebasan tanah. Sisanya diperkirakan selesai tahun depan,” katanya.

Dirut PT Jasa Marga Tbk Frans S. Sunito mengatakan, pada tahap awal pembangunan akan dimulai setelah pembebasan tanah selesai 100 persen pada setiap seksi. ”Harus satu persatu diselesaikan agar bisa langsung dioperasikan,” terangnya.

Dia juga menuturkan, PT Jasa Marga juga akan segera tiga proyek tol lain. Salah satunya adalah tol Gempol-Pasuruan dengan investasi sekitar Rp 1,7 triliun. ”Selain menggunakan dana sendiri, kami juga dapat komitmen pinjaman dari Bank Mandiri, Bank BNI, dan BRI senilai total Rp 7 triliun,” katanya.

Selain untuk membangun tol Gempol-Pasuruan, pinjaman itu akan dipakai untuk membangun proyek Bogor Ring Road dan tol Semarang-Solo. ”Bogor Ring Road seksi I sepanjang 4 km akan selesai tahun ini. Pembebasan tanahnya segera rampungk. Saat ini sekitar 30 persen sudah dibebaskan, dan Juni mulai konstruksi,” paparnya.

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto mengatakan, proyek tol Surabaya-Mojokerto pernah diresmikannya beberapa kali, tetapi macet karena terkendala banyak hal. ”Saya tiga kali meresmikan pembangunannya. Kita tidak akan menyerah, jalan tol ini harus segera diselesaikan,” tuturnya.

Djoko juga meminta perbankan tidak khawatir lagi untuk membiayai proyek tersebut. ”Tidak akan ada masalah lagi. Saya yakin masalah pembebasan tanah yang sering menjadi kendala akan bisa diselesaikan. Kita sudah memiliki dasar hukum untuk bertindak,” jelasnya. (luq/dwi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: