KLIPING KORAN NASIONAL

Selalu Ada Yang Baru

Ketemu Guru, Capek SBY dari London Langsung Hilang

Posted by Administrator pada April 4, 2009

[ Jawa Pos, Sabtu, 04 April 2009 ]
SURABAYA – Puncak acara Program Untukmu Guruku 2009 di DBL Arena kemarin (3/4) berlangsung spektakuler. Lebih dari 4.500 guru memadati acara bertajuk Silaturahim Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan 4.500 Guru Peserta Program Untukmu Guruku 2009 tersebut.

Ribuan guru tidak sabar ingin menikmati acara malam penghargaan Program Untukmu Guruku 2009 itu. Mereka sudah menanti di DBL Arena sejak pukul 16.00. Mereka juga kagum terhadap rentetan acara, termasuk beragam tari-tarian daerah. 

Para guru langsung larut dan ikut menyanyi ketika lagu Hymne Guru dinyanyikan kelompok paduan suara gabungan karyawan/karyawati Jawa Pos Group. Suasana semakin heboh ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memasuki ruangan. Seluruh guru yang duduk di tribun langsung berdiri sambil melambaikan tangan. Bahkan, tak jarang beberapa di antara mereka meneriakkan nama SBY ataupun memfotonya dari jauh.

Acara dimulai dengan sambutan Chairman Jawa Pos Dahlan Iskan. Program itu, menurut dia, sengaja diselenggarakan Jawa Pos untuk meningkatkan mutu guru. Sekaligus mendukung misi pemerintah, yaitu meningkatkan pendidikan melalui peningkatan kualitas guru. ”Anak-anak sekarang, adalah penentu masa depan negara 20 tahun lagi. Jika guru yang mengajar mereka baik cara mengajarnya, maka 20 tahun lagi anak-anak itu akan membawa negara ini menjadi lebih baik,” kata Dahlan, disambut gemuruh tepuk tangan.

Dalam pidatonya, Presiden SBY juga sangat mengapresiasi Program Untukmu Guruku 2009 itu. ”Acara ini benar-benar luar biasa. Rasa capek saya setelah menghadiri G-20 langsung hilang begitu melihat semua guru yang hadir di sini,” ujar SBY yang kemarin baru mendarat di Bandara Juanda sekitar pukul 13.00 usai menghadiri KTT G-20 di London, Inggris.

Program Untukmu Guruku 2009 yang berakhir kemarin sudah memilih 36 pemenang yang terdiri atas 10 Guru Finalis dan Pemenang Guru Ideal, 10 Guru Favorit, 10 Siswa Pemilih Guru Favorit, tiga kepala sekolah apresiatif pengumpul balot terbanyak, dan tiga orang pemenang lomba artikel.

Acara itu ditutup dengan penampilan kembali paduan suara tadi yang membawakan lagu ciptaan SBY: Ku Yakin Sampai Di sini. SBY dan ibu Negara Ny Ani Yudhoyono sempat mengangkat jempolnya ke arah kelompok paduan suara, usai lagu ciptaannya itu dinyanyikan.

Selain malam penghargaan, pagi harinya digelar pengundian dua sepeda motor untuk sepuluh guru favorit dan sepuluh orang siswa pemilihnya. Masing-masing guru dan siswa tersebut menuliskan namanya di kertas yang disediakan panitia. Kertas itu digulung kecil-kecil, kemudian dimasukkan dalam toples kaca. Ketua Program Untukmu Guruku 2009 Guntur Prayitno mengundi pemenang dengan mangambil salah satu dari gulungan kertas tersebut.

Sebelum salah satu gulungan kertas itu diambil, masing-masing guru dan siswa terlihat berkomat-kamit membaca doa. Mereka semakin berdebar-debar ketika Guntur membacakan nama guru dan siswa yang balot undiannya terambil. Hadiah akhirnya jatuh ke tangan Nunuk Nurhayati, guru di SMA NU 1 Gresik. Satu sepeda motor lainnya jatuh ke tangan Bella Savira Putri, siswi di SMPN 23 Surabaya.

Begitu mendengar namanya disebut, Nunuk langsung sujud syukur. Ke-36 pemenang yang kemarin hadir juga langsung memberikan selamat. Dia juga langsung mengirimkan SMS kepada suaminya tentang berita gembira itu. Guru matematika tersebut sangat bersyukur mendapatkan sepeda motor itu. Pasalnya, anaknya memang sejak lama minta dibelikan sepeda motor. ”Ini seperti menjawab doa-doa yang dilontarkan oleh saya dan anak saya,” ujarnya sambil terus mengucap syukur. (sha/eko/iro)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: