KLIPING KORAN NASIONAL

Selalu Ada Yang Baru

KPU Coret Ribuan Nama dari DPT

Posted by Administrator pada April 9, 2009

[ Jawa Pos, Kamis, 09 April 2009 ]
BANGKALAN – Hingga sehari sebelum pencontrengan, KPUD Sampang dan Bangkalan terus malakukan validasi daftar pemilih tetap (DPT). Hasilnya cukup siginikan. Ribuan nama pemilih dicoret.

Berdasar validasi DPT di enam kecamatan Di Bangkalan, 5.251 nama dicoret. Dengan 18 kecamatan, dimungkinan sekitar 15 ribu nama pemilih bakal dicoret.

Ketua KPUD Bangkalan Djasuli Nur menyatakan, ribuan nama yang dicoret itu tidak berhak memilih pada pencontrengan hari ini. “Mereka sudah kami pisahkan dan tidak akan mendapat undangan memilih,” katanya saat rapat koordinasi dengan muspida dan parpol peserta pemilu kemarin (8/4).

Berdasar data yang dirilis KPUD, baru enam kecamatan yang secara resmi menyerahkan berita acara validasi faktual DPT Pileg 2009. Dari enam kecamatan tersebut, KPUD secara resmi mencoret 5.251 nama. “Jadi, kalau dirata-rata, ada 15 ribu nama yang akan kami coret dari DPT,” ungkapnya.

Nama-nama itu terpaksa dicoret karena berbagai alasan. Misalnya, pemilih yang masuk DPT sudah meninggal, tercatat ganda, pindah rumah, dan telah berubah status.

Djasuli mengingatkan kembali, proses validasi faktual tersebut sudah memberikan ruang seluas-luasnya kepada masyarakat. Termasuk pimpinan parpol untuk ikut mengkroscek ke lapangan.

Sementara itu, hasil validasi DPT yang dilakukan KPUD Sampang juga telah membuahkan hasil. Sampai kemarin, tercatat 6.367 pemilih yang tercoret dari DPT. Berdasar SK KPU, DPT Sampang berjumlah 606.712 pemilih. Setelah validasi, berkurang menjadi 600.345 pemilih. (ale/jpnn/zen)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: