KLIPING KORAN NASIONAL

Selalu Ada Yang Baru

Langkah MU di Liga Champions Terancam

Posted by Administrator pada April 9, 2009

wayne-roony[ Jawa Pos, Kamis, 09 April 2009 ]
2 Man United v Porto 2

MANCHESTER – Sepak terjang Manchester United di Liga Champions musim ini terancam terhenti di perempat final. Gelar Setan Merah (julukan Manchester United) pun rentan copot seiring dengan kegagalan mengalahkan wakil Portugal FC Porto di first leg perempat final kemarin dini hari WIB (8/4). Berstatus tuan rumah di Stadion Old Trafford, United dipaksa bermain draw 2-2 (1-1).

Boleh dibilang, Setan Merah kini menyalakan sinyal SOS (tanda bahaya dalam keadaan darurat) agar dapat selamat ke semifinal. Ya, United butuh kemenangan pada leg kedua di Portugal pekan depan (15/4) jika ingin melaju ke semifinal. Namun, fakta menunjukkan bahwa sejarah tidak berpihak kepada klub Inggris di kandang Porto. Dari sebelas kali lawatan, wakil Britania Raya hanya bisa meraih lima kali seri, sedangkan sisanya tuan rumah yang berjaya.

“Saat ini kami dalam posisi sulit karena pertandingan di Porto bakal jauh lebih berat,” kata Sir Alex Ferguson, pelatih United, sebagaimana dilansir MUTV Online.

Hasil imbang lawan Porto seakan mengulang memori pahit United di Liga Champions edisi 2003/2004. Kala itu Setan Merah ditahan imbang Porto 1-1 di Old Trafford sehingga tersingkir di 16 besar karena di pertemuan pertama di Portugal kalah 1-2.

Sebaliknya, bagi Porto, hasil kemarin membuat mereka punya peluang untuk mengulang cerita sukses di babak 16 besar kala mengeliminasi Atletico Madrid. Porto yang menahan imbang Atletico 2-2 di leg pertama di Spanyol selanjutnya cukup bermain imbang 0-0 di kandang sendiri. Os Dragoes alias si Naga -julukan Porto- pun berhak melangkah ke perempat final karena keunggulan gol away.

“Kami tahu tidak pernah ada tim Inggris yang menang di Porto. Tapi, bagi klub seperti kami, menciptakan sesuatu yang pertama adalah tantangan menarik,” tandas Ferguson, pelatih dengan koleksi 32 gelar selama 23 tahun bersama United itu.

Dalam laga kemarin, United sudah ketinggalan saat pertandingan baru berjalan empat menit. Penyerang sayap Porto asal Uruguay Cristian Rodriguez membungkam publik Old Trafford dengan memanfaatkan ketidakcermatan defender United Jonny Evans saat menghalau bola. Untung, lini belakang tim tamu tertular membuat kesalahan pada menit ke-15. Blunder back pass Bruno Alves memudahkan Wayne Rooney untuk menyamakan skor menjadi 1-1.

Pada babak kedua, kedua tim silih berganti menekan. Namun, baru di lima menit jelang bubaran, Carlos Tevez yang masuk lapangan pada menit ke-72, menggantikan Paul Scholes, membuat tuan rumah leading 2-1. Dari lemparan ke dalam Gary Neville, Rooney meneruskannya dengan umpan back heel yang diselesaikan dengan mulus oleh Tevez.

Akan tetapi, kegembiraan Setan Merah pupus empat menit kemudian. Pada menit ke-89, pemain pengganti Mariano Gonzalez membuyarkan asa tuan rumah karena tidak dalam posisi terkawal di sisi kanan kotak penalti United. “Gol kedua Porto sangat menyakitkan dan menunjukkan buruknya koordinasi pertahanan kami. Meski begitu, Porto bermain bagus sepanjang pertandingan dan skor akhir layak mereka dapatkan,” tutur Ferguson kepada Sky Sports.

Di sisi lain, pelatih Porto Jesualdo Ferreira bersukacita dengan hasil seri sekaligus dua gol yang diciptakan anak asuhnya di Old Trafford. “Skor 2-2 adalah skor bagus karena memberikan peluang sangat bagus bagi kami di pertemuan kedua nantinya,” ucap Ferreira kepada Express.

“Kami layak mendapatkan dua gol di Old Trafford karena memperoleh lebih banyak peluang daripada tuan rumah. Kami tahu United adalah tim tangguh dan tidak akan menyerah begitu saja. Namun, para pemain kami kini lebih percaya diri bisa melangkah ke babak selanjutnya,” urai pelatih 62 tahun tersebut. (dns/aww)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: