KLIPING KORAN NASIONAL

Selalu Ada Yang Baru

Pedrosa-Dovizioso Bisa Bertukar Data

Posted by Administrator pada April 9, 2009

[ Jawa Pos, Kamis, 09 April 2009 ]
LOSAIL – Repsol Honda menyikapi performa motor yang kurang maksimal dengan mencoba kompak. Tim pabrikan asal Jepang itu berjanji memberikan perlakuan yang sama kepada dua pembalapnya, Dani Pedrosa dan Andrea Dovizioso.

Pedrosa dan Dovizioso akan memiliki hubungan kerja yang terbuka. Keduanya bisa saling mengakses data selama berlangsungnya MotoGP musim 2009.

”Tentu saja mereka bisa (bertukar data, Red), mengapa tidak? Ini adalah tim. Mereka akan berkerja sama,” kata bos baru Repsol Honda Shuhei Nakamoto.

Nakamoto mengungkapkan, di antara dua pembalapnya itu tak akan lagi ada rahasia yang tersimpan. Kenyataan bahwa Pedrosa yang lebih senior daripada Dovizioso yang baru direkrut juga harus dikesampingkan.

Penegasan Nakamoto itu menjadi kebijakan baru di Repsol Honda. Tahun lalu, saat mereka masih punya Nicky Hayden, hal itu sulit dilakukan. Antara kubu Pedrosa dan Hayden tidak saling terbuka. Bahkan, manajer Pedrosa, Alberto Puig, tak menghendaki Hayden memeriksa telemetri Pedrosa secara rutin.

Hal itu pun menimbulkan ketegangan dalam tim. Puig melayangkan tuduhan yang disangkal Hayden. Saat itu, Hayden mengeluhkan bahwa Pedrosa terlalu diistimewakan Honda. Bentuk-nya, Pedrosa bisa mendapatkan akses data dari seluruh pembalap yang memakai Honda, sementara yang lain tak bisa mengintip data Pedrosa.

Kontroversi semacam itulah yang dicoba dihapuskan Nakamoto. ”Saya tak mau mengomentari musim lalu. Sekarang pembalap dan teknisi harus berbagi data,” tutur Nakamoto.

Hasil buruk Repsol Honda dalam beberapa rangkaian uji coba salah satunya disebabkan cedera parah yang dialami Pedrosa. Pembalap mungil asal Spanyol itu absen dalam beberap sesi karena sedang menjalani pemulihan cedera lengan kiri dan kakinya. Salah satunya adalah uji coba pamungkas di Sirkuit Jerez beberapa waktu lalu.

“Saya sangat senang bisa berangkat ke Qatar untuk balapan pertama musim ini. Dengan begitu banyak kejadian selama musim dingin lalu, ini adalah periode yang benar-benar sulit bagi saya,” kata Pedrosa sebagaimana dilansir Motorcycle News.

Untuk meyembuhkan cederanya, Pedrosa diharuskan melalui beberapa kali operasi. Dia sempat tidak bisa menggerakkan kaki selama sebulan. Dengan riwayat seperti itu, sepertinya sangat sulit bagi dia untuk tampil fit di GP Qatar yang babak latihannya dimulai besok. (ady/ang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: