KLIPING KORAN NASIONAL

Selalu Ada Yang Baru

Tak Masuk DPT, Tak Boleh Pilih

Posted by Administrator pada April 9, 2009

[ Jawa Pos, Kamis, 09 April 2009 ]
KPU: Mereka Boleh Ikut Pilpres

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadikan syarat mutlak bagi calon pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT) yang dapat ikut dalam pemungutan suara hari ini. Mereka yang tidak terdaftar dalam DPT dilarang mencontreng, meski datang ke tempat pemungutan suara (TPS) disertai KTP maupun kartu keluarga (KK).

”Yang boleh memilih adalah yang terdaftar di DPT,” ujar Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary di sela kunjungannya di tiga TPS di Jakarta kemarin (8/4). Tiga TPS itu adalah TPS 03 Kelurahan Utan Panjang, Kemayoran; TPS 123, Sunter, dan TPS 20 di Krawang, Menteng. Semua TPS itu berada di wilayah Provinsi DKI.

Hafiz juga membantah beredarnya pesan singkat yang menjelaskan bahwa pemilih yang tidak masuk DPT boleh memilih dengan cukup datang ke TPS. ”Saya tegaskan isu itu tidak benar,” tegas Hafiz.

Dalam kunjungan pertama di TPS Utan Panjang, Kemayoran, Hafiz menceritakan ikhwal munculnya sms gelap itu. Menurut dia, kabar itu dia dapat langsung dari Menpora Adhyaksa Dault. SMS itu mengajak para pemilih yang belum terdaftar di DPT dengan mendatangi TPS masing-masing. Hafiz menegaskan, isi SMS itu bertentangan dengan UU Pemilu.

Hafiz menjelaskan, pemilih yang sudah terdaftar di DPT saat ini memperoleh undangan berbentuk formulir C4 dari masing-masing kelompok penyelenggara pemungutan suara alias KPPS. Undangan itu disampaikan oleh KPPS pada H-3 menjelang pemungutan suara.

Menurut Hafiz, surat undangan itu merupakan identitas bahwa yang bersangkutan terdaftar sebagai pemilih. “Yang belum dapat bisa mengambil langsung ke KPSS. Atau datang langsung saat pemungutan dengan membawa identitas untuk dicocokkan,” terangnya. Identitas itu dapat berupa KTP atau kartu keluarga (KK). Meski demikian, Hafiz lagi-lagi menegaskan, calon pemilih tersebut harus terdaftar dalam DPT.

Sebaliknya, bagi yang tidak terdaftar di DPT, Hafiz menegaskan, kesempatan mengikuti pemilu legislatif sudah tak mungkin dilakukan. Mereka tetap diakomodasi dengan didata untuk diikutkan sebagai pemilih dalam pemilihan presiden (pilpres) 8 Juli mendatang. “Itu prosedurnya. Yang tidak terdaftar tetap masuk untuk pilpres,” katanya. Pernyataan Hafiz itu ditegaskan kembali pada kunjungan di dua TPS lain.(bay/agm)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: