KLIPING KORAN NASIONAL

Selalu Ada Yang Baru

Wakil Rakyat Terpilih Wajib Ospek

Posted by Administrator pada April 9, 2009

[ Kamis, 09 April 2009 ]
JAKARTA – Penangkapan sejumlah anggota DPR periode 2004-2009 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah membuat coreng-moreng wajah lembaga wakil rakyat itu. Untuk meminimalkan terulangnya berbagai kasus korupsi anggota DPR, Badan Kehormatan (BK) DPR berencana menyiapkan agenda khusus.

Layaknya mahasiswa baru yang masuk kampus, seluruh anggota DPR periode mendatang harus mengikuti masa orientasi pengenalan kampus alias ospek. ”Semangatnya sebagai pencegahan korupsi,” kata Wakil Ketua BK DPR Gayus Lumbuun di gedung DPR, Senayan, kemarin (8/4).

Menurut dia, anggota DPR periode sekarang yang tertangkap tangan karena terindikasi terlibat gratifikasi, pemerasan, dan penyuapan, jumlahnya tidak sampai sepuluh. Jauh lebih kecil dibanding total anggota DPR yang mencapai 550 orang. Tapi, efek hancurnya terhadap citra DPR sangat signifikan. ”Padahal, anggota yang lain sudah bekerja keras mati-matian,” cetus legislator PDIP itu.

Karena itu, Gayus berharap DPR mendatang memiliki pencitraan yang lebih baik. Sebab, itu termasuk modal penting bagi DPR dalam menjalankan fungsi kontrol, bujeting, dan legislasi secara efektif.

Gayus menegaskan, dalam pelaksanaannya, DPR akan bekerja sama dengan pihak terkait, misalnya KPK. ”Jadi, bukan KPK yang menyelenggarakan, melainkan bagian yang diajak,” katanya. Pernyataan Gayus itu sekaligus mengonfirmasi rencana KPK menggelar orientasi bagi anggota DPR yang baru terpilih.

Dia melanjutkan, selain pencegahan korupsi, para anggota DPR periode anyar tersebut akan diperkenalkan dengan kode etik yang menjadi self regulation dan sosialisasi tata beracara BK DPR. ”Bisa juga mengundang MK untuk mengingatkan adanya aturan normatif dalam penyusunan undang-undang,” ujarnya.(pri/agm)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: