KLIPING KORAN NASIONAL

Selalu Ada Yang Baru

Beberapa Artis Kumpulkan Suara Terbanyak Kalahkan Politikus Senior

Posted by Administrator pada April 12, 2009

[ Minggu, 12 April 2009 ]
JAKARTA – Para caleg dari kalangan selebriti yang menuju ke kursi DPR RI tak bisa dianggap remeh. Beberapa di antara mereka sejauh ini berhasil meraup suara menggembirakan meski belum bisa dipastikan lolos.

Sebut saja Nurul Arifin, caleg DPR RI dari Partai Golkar. Artis 90-an itu unggul mutlak di daerah pemilihan Jawa Barat VII (Kabupaten Purwakarta, Karawang, dan Kabupaten Bekasi). Untuk sementara Nurul unggul dengan 1.001 suara. Perolehan suaranya jauh lebih banyak daripada peringkat kedua, yakni Hasanudin Mochdar dengan 689 suara.

Fenomena yang sama terjadi pada Adjie Massaid, caleg Demokrat di dapil Jatim II (Pasuruan dan Probolinggo). Pria dengan nama asli Chandra Pratomo Samiadji Massaid itu memimpin perolehan sementara dengan 476 suara. Raihan itu yang terbanyak di antara caleg Demokrat lain. Namun, berbeda dengan Adjie, penyanyi Emilia Contessa, caleg DPR RI dari PPP yang juga bertarung di Jatim II, untuk sementara hanya berada di tempat ketiga dengan 12 suara.

Incumbent yang nota bene dari artis juga berjaya. Angelina Sondakh, caleg Demokrat di Jateng VI, juga unggul dari caleg sesama partainya. Pacar Adjie Massaid itu meraih 272 suara. Mantan Putri Indonesia itu sangat berpeluang kembali melenggang ke kursi Senayan untuk kali kedua.

Artis Rieke Diah Pitaloka yang mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI dari PDIP juga tidak bisa menutupi kebahagiaannya. Pemeran Oneng dalam sinetron Bajaj Bajuri itu saat ini unggul atas politikus senior dari partai yang sama, Taufiq Kiemas, dari daerah pemilihan Jabar II (Bandung dan Bandung Barat). Data terakhir tadi malam menyebutkan, Rieke unggul sementara dengan perolehan 427 suara atas Taufiq yang hanya memperoleh 261 suara. ”Belum bisa disimpulkan begitu karena penghitungan masih lama. Ini kan baru data awal,” ujarnya di Jakarta kemarin.

Namun, Rieke mengaku tidak bangga bisa mengungguli suami Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang sekaligus duduk sebagai ketua Dewan Pertimbangan Pusat (Deperppu) PDIP tersebut. Dia justru menitipkan terima kasih kepada petinggi PDIP tersebut karena diberi kesempatan berkompetisi di dapil yang merupakan basis massa partai. ”Nggak benar kalau kalimatnya bersaing. Yang ada justru saya berutang terima kasih karena diberi kesempatan mewakili suara rakyat,” ujar Rieke. ”Bahkan, saya tidak mau tergesa-gesa menyimpulkan apa pun karena ini terlalu dini sebelum penghitungan benar-benar tuntas,” jelasnya.

Lalu bagaimana karir di dunia selebriti? Rieke mengatakan belum ada rencana meninggalkan profesi yang melambungkan namanya tersebut. Namun, dia berjanji, kalau terpilih, akan memprioritaskan tugasnya sebagai wakil rakyat dan fokus pada tugas sebagai anggota legislatif. ”Seni itu ada dalam darah saya. Yang jelas, tidak terpikirkan untuk meninggalkan sidang untuk main ketoprak,” ujarnya lantas tertawa.

Artis Vena Melinda juga mengaku terkejut dengan posisinya di urutan kedua perolehan suara caleg Partai Demokrat untuk dapil Jatim VI. Posisinya persis di bawah Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum. “Di situ (dapil VI) kan juga banyak politikusnya,” kata Vena. Selain Anas, nama Sekjen PDIP Pramono Anung juga bersaing di dapil itu.

Vena mengaku merasa diuntungkan dengan profesinya sebagai artis. Menurut dia, caleg berlatar belakang artis lebih bisa dipertangungjawabkan image personality-nya. “Selama ini, kalau ada apa-apa, kan langsung disorot, sehingga masyarakat sudah mengenal,” urainya. Selama masa kampanye, Vena jarang berorasi. Dia justru lebih banyak mendatangi masyarakat dan berdialog. “Jadi, kalau hasilnya seperti ini, saya pikir ini out of the box,” kata Vena. (bay/zul/fal/kum)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: