KLIPING KORAN NASIONAL

Selalu Ada Yang Baru

Bertemu SBY, Para Gubernur Nyatakan Pemilu Lancar

Posted by Administrator pada April 16, 2009

sby-di-hadapan-para-gubernur[ Jawa Pos, Kamis, 16 April 2009 ]
Soal Pelaksanaan Pemilu Legislatif 2009

JAKARTA – Menghadapi kritikan sejumlah tokoh politik terhadap pelaksanaan pemilu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kemarin mengumpulkan delapan gubernur dari berbagai provinsi. SBY ingin memastikan kondisi pemilu di daerah.

Di depan SBY, semua gubernur menyatakan pemilu berjalan dengan baik, lancar, aman, dan kondusif. Delapan gubernur yang memberikan laporan pelaksanaan pemilu itu ialah Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam Irwandi Yusuf, Gubernur Papua Barnabas Suebu, Gubernur Bali I Made Mangku Pastika, Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo, Gubernur Sumatera Barat Gamawan Fauzi, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, dan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo. 

Dalam rapat terbatas itu, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Widodo A.S. mengatakan bahwa Pemilu Legislatif 2009 berjalan kondusif. Pelaksanaan pemungutan suara berjalan aman, kecuali di Papua yang sifatnya lebih ke kriminalitas.

”Memang ada permasalahan yang timbul karena pemilu sangat kompleks, terutama soal DPT (daftar pemilih tetap) serta distribusi logistik,” kata Widodo dalam keterangan pers setelah rapat terbatas di Kantor Presiden kemarin.

Menteri Dalam Negeri Mardiyanto menambahkan, tidak ada niat pemerintah untuk membiarkan terjadinya kisruh DPT maupun pengiriman logistik pemilu. Namun, karena pemilu menjadi domain KPU, pemerintah menjaga agar tidak bertindak di luar kewenangan.

Menghadapi pemilihan presiden, Mendagri mengeluarkan surat edaran kepada para kepala daerah dan dinas kependudukan untuk memberikan dukungan penuh supaya masyarakat bisa ikut serta dalam pilpres. Para gubernur juga akan melakukan perumusan teknis di bawah koordinasi Depdagri. Tugasnya, membantu KPU dalam menyukseskan pilpres. ”Bantuan pemerintah itu tidak akan mengintervensi tugas KPU,” tegasnya.

Rapat terbatas kemarin dipimpin SBY dan Wapres Jusuf Kalla. Para menteri yang hadir adalah Menko Polhukam Widodo A.S., Plt Menko Perekonomian Sri Mulyani, Mendagri Mardiyanto, Panglima TNI Djoko Santoso, Kapolri Bambang Hendarso Danuri, Kepala BIN Syamsir Siregar, Jaksa Agung Hendarman Supandji, dan Menkum HAM Andi Mattalatta.

Menurut SBY, ke depan, para gubernur, sesuai dengan kewenangannya, bisa mengambil langkah-langkah untuk membantu KPU dan KPUD guna menyukseskan pilpres. ”Dalam situasi seperti ini, kita harus menjadi bagian dari solusi, dan bukan bagian dari permasalahan, agar rakyat kita mendapat manfaat yang sebesar-besarnya,” tutur SBY.

Presiden kembali menegaskan bahwa pada prinsipnya pemilu berjalan dengan aman, tertib, dan lancar. Mengenai masalah DPT, kata SBY, mesti dicarikan solusi yang tepat. ”Menurut UU, KPU adalah penyelenggara pemilu yang bersifat nasional, tepat, dan mandiri. Tapi bagaimanapun, ada kewajiban moral, ada kewajiban kita untuk membantu dalam koridor yang diatur UU,” kata SBY. (tom/tof)

Satu Tanggapan to “Bertemu SBY, Para Gubernur Nyatakan Pemilu Lancar”

  1. romailprincipe said

    halah…Padahal sebagian besar gubernurnya itu katanya orang PDIP. Yang pasti Gubernur gak tau lapangannya, kok bisa yang diekspos media massa segitu banyaknya, cuma 1-2 pelanggaran. Bahkan katanya 2004 lebih hancur, INGAT 2004 dipuji sama banyak pihak. Memang pahlawan Demokrasi masih diperlukan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: