KLIPING KORAN NASIONAL

Selalu Ada Yang Baru

Persebaran HIV/AIDS Naik Lipat Tiga

Posted by Administrator pada April 16, 2009

[ Jawa Pos, Kamis, 16 April 2009 ]
JAKARTA – Persebaran penyakit HIV/AIDS di tanah air kian mengkhawatirkan. Merujuk data terbaru, persebaran virus mematikan itu tiga kali lipat dari tahun sebelumnya. Bahkan, Indonesia terancam menjadi negara dengan tingkat persebaran HIV/AIDS terbesar di Asia. Untuk mengatasinya, pemerintah bakal memperbaiki pola penanganan dengan lebih seksama.

”Kondisinya memprihatinkan karena kasus HIV/AIDS hingga akhir 2008 naik tiga kali lipat daripada 2007,” terang Direktur Kesehatan dan Gizi Masyarakat Bappenas Arum Atmawikarta, di Jakarta, kemarin (15/4).

Data Bappenas menyebutkan, peningkatan tajam virus mematikan tersebut terjadi antara 2004-2008. Pada 2004, kasus HIV/AIDS jumlahnya hanya lima ribu kasus dan menjadi 153 ribu kasus pada 2007. ”Kalau jumlah itu dikalikan tiga, bisa disimpulkan kondisi negeri ini kian memprihatinkan,” ujar Arum.

Dari data itu, mayoritas penyebaran tercepat terjadi di Papua. Bahkan, persebaran virus tersebut kini sudah mencapai 2,5 persen dari populasi. ”Ini hal sangat serius yang harus ditangani,” ujarnya. Untuk itu, ke depan pemerintah merancang kebijakan penanggulangan HIV/AIDS yang disepakati bersama dalam satu struktur resmi. Dengan begitu, penanggulangan penyakit berbahaya itu sesuai perencanaan nasional. (zul/oki)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: