KLIPING KORAN NASIONAL

Selalu Ada Yang Baru

16 Pengusaha dan Profesional Jadi Korban saat Sarapan

Posted by Administrator pada Juli 18, 2009

[ Jawa Pos, Sabtu, 18 Juli 2009 ]
KAMAR Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia langsung mengadakan rapat setelah terjadi pengeboman di Hotel Ritz-Carlton dan JW Marriott, Jakarta, kemarin (17/7). Sebab, sedikitnya ada 16 pengusaha dan profesional yang menjadi korban saat sedang breakfast meeting di Restoran Airlangga, Ritz-Carlton.

”Ada 16 pengusaha dan profesional yang menjadi korban. Sebagian anggota kami (anggota Kadin),” ujar Ketua Umum Kadin Muhammad S. Hidayat di kantornya kemarin.

Para eksekutif perusahaan yang mayoritas asing itu setiap Jumat mengadakan pertemuan rutin Indonesia Country Program (ICP) yang difasilitasi perusahaan konsultan investasi, Castle Asia.

Hidayat menyatakan, dalam pertemuan itu biasanya dibicarakan berbagai persoalan, mulai bidang pertambangan, migas, atau sektor riil lainnya. Bahkan mungkin juga membahas perkembangan politik terakhir. Selain para ekspatriat, pengusaha lokal ikut menghadiri. ”Itu inisiatif mereka sendiri. Kadin tidak memfasilitasi pertemuan itu,” ujarnya.

Kadin turut prihatin dan berduka cita atas korban luka maupun yang meninggal karena kejadian itu, terutama Presdir PT Holcim Indonesia Tbk Timothy Mackay. ”Kadin bersepakat untuk meredakan kekhawatiran investor asing yang ingin masuk Indonesia. Kami khawatir investasi bisa terganggu,” tegasnya.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Djimanto menambahkan, peledakan bom tidak perlu di-blow up berlebihan. Sebab, hal itu justru akan memperparah keadaan. ”Tetap disikapi serius, tapi tidak emosional. Sebab, bom itu kan terjadi di mana-mana. Di Amerika juga ada, di Inggris, Prancis, semua pernah kena bom,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Silmy Karim menyatakan, salah seorang temannya menjadi korban dalam pengeboman pagi kemarin, yaitu Adrianto Machribi. Komisaris PT Freeport Indonesia tersebut sedang melakukan pertemuan di Restoran Airlangga sambil sarapan pagi. ”Breakfast meeting seperti itu biasa dilakukan pengusaha,” jelasnya.

Puni Anjungsari, senior associate Noke Kiroyan and Partners, menuturkan, setiap Jumat pagi, Noke Kiroyan memang menghadiri forum pertemuan bisnis dengan Jim Castle yang merupakan chairman Castle Asia. ”Biasanya ada sekitar 15 pengusaha yang ikut pertemuan itu. Jika tidak di JW Marriott, pertemuan dilakukan di Ritz-Carlton,” katanya saat dihubungi kemarin.

Terkait kondisi Noke, Puni menyatakan kemarin siang sudah pulang ke rumah setelah dirawat di RS MMC. Mantan presiden komisaris Newmont Pacific Nusantara (NPN) tersebut mengalami luka di wajah sebelah kanan. ”Secara psikologis, Pak Noke masih shock. Tapi, secara fisik lukanya tidak parah,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Humas dan Hubungan Kelembagaan BP Migas Sulistya Hastuti Wahyu membenarkan adanya dua petinggi perusahaan migas sebagai kontraktor BP Migas yang menjadi korban bom. ”Ada dua kontraktor yang melapor menjadi korban. Yakni, Gary Ford (GM Anadarko Indonesia) dan Kevin S. Moore (GM Husky Oil North Sumbawa),” katanya.

Salah seorang korban meninggal adalah Timothy Mackay. Jabatannya adalah presiden direktur PT Holcim Indonesia, salah satu produsen semen terbesar di Indonesia. (wir/owi/aan/agm)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: